KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat
dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini.
Laporan
yang berjudul “Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Pada “Kantor Arsip dan
Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Kab.Cianjur” ini disusun berdasarkan hasil
prakerin di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Kab.Cianjur mulai tanggal
11 Maret 2013 s.d 31 Mei 2013. Laporan ini terdiri atas 3 bab. Bab I adalah
pendahuluan yang meliputi latar belakang, tujuan dan kerangka laporan, bab 2
adalah pelaksanaan kerja yang meliputi pengorganisasian, bidang pekerjaan,
proses kerja yang dilaksanakan, dan manfaat yang dirasakan, bab 3 adalah penutup yang meliputi simpulan dari pelaksanaan dan saran.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan
laporan ini tidak akan terwujud tanpa bimbingan dan bantuan dari berbagai
pihak. Sehubungan dengan hal itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak
Dede Kartiman, S.Pd., M,M.Pd selaku kepala SMKN 1 Cianjur, Ibu Rahmawati, A.Md
selaku Pembimbing di instansi, Ibu Euis Suhartini, S.Pd. selaku Kajur
Administrasi Perkantoran, Bapak Nurahman S.Pd selaku Pembimbing di Sekolah, dan
semua pihak yang tidak dapat penulis
sebutkan satu persatu yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan laporan
ini.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam
penyusunan laporan ini tidak luput dari kekeliruan dan kekurangan. Oleh karena
itu, segala kritik dan saran penulis harapkan demi penyempurnaan laporan ini.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi penulis pada khususnya, dan pembaca pada
umumnya. Amin.
Cianjur,
31 Mei 2013
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang 1
1.2 Tujuan Prakerin 1
1.3 Kerangka
Laporan 2
BAB II PELAKSANAAN KERJA PADA KANTOR ARSIP DAN
PERPUSTAKAAN DAERAH KAB. CIANJUR
2.1 Sejarah Singkat ARPUSDA
3
2.2 Visi,
Misi, Tujuan dan Sasaran, Strategi dan Kebijakan Kantor ARPUSDA 4
2.3 Pengorganisasian 6
2.4 Bidang Pekerjaan 6
2.5 Sistem Kearsipan 9
2.6 Layanan Perpustakaan Daerah 16
2.7 Layanan Perpustakaan Keliling 16
2.8 Proses Kerja Yang Dilaksanakan 17
2.9 Manfaat Yang Dirasakan 18
BAB III PENUTUP
3.1 Simpulan 19
3.2 Saran
19
LAMPIRAN – LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang PRAKERIN
PRAKERIN
adalah salah satu bentuk penyelenggaraan/program yang ada di SMK, dan merupakan
kegiatan yang mengutamakan keahlian dan
keterampilan pada siswa-siswinya.
Kegiatan
ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu siswa-siswi SMK agar dapat
mengetahui bagaimana keadaan dunia usaha/industri dan mempunyai daya saing yang
tinggi, terampil, kreatif serta inovatif sehingga siap memasuki dunia usaha/industri
setelah lulus untuk mencapai suatu tingkat keahlian professional.
Melalui
prakerin, diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang professional. Siswa-siswi yang melaksanakannya dapat menerapkan ilmu
yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia usaha/industri.
1.2
Tujuan
Prakerin
Tujuan
umum kegiatan prakerin adalah untuk memperoleh suatu pengalaman kerja secara
langsung di dunia usaha/industri, dan sebagai acuan atau motivasi untuk para
siswa-siswi agar berhasil dalam dunia usaha/industri yang sesungguhnya, tidak
hanya masalah skill (kemampuan) bekerja tetapi juga masalah etika kerja itu
harus bagaimana. Selain itu juga agar mampu mengantarkan siswa-siswinya untuk
mempelajari dunia usaha/industri dan memiliki moral yang tinggi.
Tujuan Prakerin
adalah sebagai berikut :
1. Mengenal
dan memahami perusahaan
2. Menumbuhkan
semangat dan jiwa wiraswasta bagi siswa;
3. Meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan siswa
4. Melatih
dan meningkatkan etos kerja
BAB II
PELAKSANAAN
KERJA PADA
Kantor
Arsip dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Kabupaten Cianjur
2.1
Sejarah
Singkat ARPUSDA
Di mulai pada tahun 1981 Perpustakaan
Daerah Kab. DT II. Segala opersional dan administrasinya bertanggungjawab
kepada Kantor Bagian Hukum Pemerintah DaerahKabupaten DT II Cianjur. Pada tahun
1981 Perpustakaan Umun berada di bawah Struktur Organisasi Kantor Bagian Hukum
Pemerintah Daerah Tingkat II Cianjur.
Dari tahun 1987, Perpustakaan Umun Kab
DT II Cianjur beralih Struktur Organisasi
yaitu ada dibawah Kantor Ortala (Organisasi dan Tata laksana) Kab. DT II
Cianjur. Pada tahun 1987-1990 namanya tetap “PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN DT II
CIANJUR”.
Kemudian pada tahun 1990-1993
PERPUSTAKAAN UMUM dipindahkan lagi menjadi tanggungjawab Kesra (Kesejahteraan
Rakyat) Kabupaten DT II Cianjur. Jelas pada saat itu PERPUSTAKAAN UMUM
bertanggungjawab kepada Kantor Kesra Kab. DT II Cianjur. Pada tahun 1993-1995
PERPUSTAKAAN UMUM kembali berallih struktur, disini PERPUSTAKAAN UMUM menjadi
UPTD (Unit Pelaksana Teknik Dinas) dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. DT
II Cianjur. Dan namanya beralih menjadi “UPTD PERPUSTAKAAN UMUM DINAS P & K
Kab. DT II Cianjur”. Mulai pada tahun 1995 PERPUSTAKAAN UMUM berdiri sendiri
dan langsung bertanggungjawab kepada Bupati Kepala Daerah Tingkat II Cianjur.
Dan namanya menjadi PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN CIANJUR. Tetapi
BAB III
PENUTUP
Dengan
memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat
dan karunia-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan PRAKERIN. Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan dan penyajian Laporan ini masih banyak kekurangan,
maka dari itu kritik dan saran yang membangun sangat diperlukan.
Walaupun
demikian, penulis tetap berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua
umumnya, khususnya bagi penulis. Semoga laporan ini memenuhi syarat dan
ketentuan yang telah ditetapkan oleh sekolah dan instansi tempat penulis
melaksanakan Prakerin.
3.1 Simpulan
Salah satu upaya untuk mempersiapkan
siswa-siswi SMK dalam menghadapi dunia usaha/industri adalah dengan
menyelenggarakan PRAKERIN, yang intinya bertujuan memberikan pengalaman
langsung dalam dunia usaha/industri kepada para siswa-siswi SMK, agar dapat
mengetahui bagaimana situasi dan kondisi di lingkungan kerja yang sesungguhnya.
3.2 Saran
1. Saran-saran untuk SMK Negeri 1 Cianjur
a.
Mengadakan pembekalan kepada para peserta PRAKERIN dengan waktu yang
cukup, terutama tentang etika yang harus diterapkan di tempat PRAKERIN, dan
memperdalam pelajaran-pelajaran yang sangat berhubungan atau dianggap
penting-untuk dipraktekkan oleh peserta PRAKERIN di tempat PRAKERIN sebelum
pemberangkatan.
b.
Mempersiapkan segalanya sesuatunya dengan matang demi kelancaran
PRAKERIN tersebut.